Jumat, 21 Oktober 2011

Membangkitkan Semangat Siswa dengan "Soetanto Effect"

Soetanto Effect: Ubah Orang Buangan Jadi Rebutan

Soetanto Effect: Ubah Orang Buangan Jadi Rebutan by Ken Kawan Soetanto
My rating: 3 of 5 stars

Pertama baca deskripsi dan review singkat di Majalah Kick Andy, aku langsung tertarik dan mewajibkan diriku untuk membeli. Aku suka tema tentang motivasi dan pendidikan. Apalagi buku-buku yang spesifik tentang bagaimana mengubah seorang siswa yang malas-malasan menjadi siswa yang memiliki motivasi intrinsik dan semangat juang.

Buku ini menceritakan itu semuanya, ditambah dengan secuil kisah hidup Ken Soetanto selama di Indonesia dan perjuangannya ke Jepang dan Amerika hingga saat ini. Buku ini layak dibaca oleh para pendidik dan calon pendidik, juga bagi orang-orang yang concern dengan dunia pendidikan. Dibuku ini dibahas secara singkat bagaimana Pak Ken Soetanto mengubah siswa-siswa yang malas menjadi pribadi yang tangguh dan banyak dilamar oleh perusahaan. Di buku ini juga disertakan bagaimana komentar siswa-siswanya tentang metode mengajar Ken Soetanto.

Namun yang membuat aku sedikit kecewa adalah beberapa pembahasan (terutama di bagian tengah-tengah) seperti melebar kemana-mana dan bahasanya juga sangat sulit dipahami. Seperti diterjemahkan dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia dengan google translate. Untuk inspirasi dan referensi motivasi dan pendidikan, masih bolehlah.

Tapi kalau bisa bahasa Jepang atau Mandarin atau Inggris dengan lancar (bahasa tulisan), mungkin akan lebih baik juga untuk merujuk ke website Ken Kawan Soetanto.

View all my reviews

Tidak ada komentar: